Era pandemi, membuat pertemuan darat tidak dapat dilakukan. Alumni Departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB mengadakan kopi darat santai via media online. Kegiatan ini diadakan oleh alumni angkatan 50 dan diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari departemen Teknik Mesin dan Biosistem. Kegiatan ini diaksanakan pada Sabtu, 27 Juni 2020 | 19.30 WIB-selesai.

Kegiatan ini dipandu oleh Sutan Muhammad yang merupakan salah satu alumni. Sutan membuka dengan memberikan kesempatan kepada Bapak Lilis Sucahyo, M.Si selaku koordinator bidang kemahasiswaan dan alumni untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Bapak Lilis menyampaikan mengenai pentingnya kegiatan sharing seperti ini yang memberikan gambaran ilmu pengetahuan pasca kampus dengan kampus IPB. Hal ini sejalan dengan akan diterapkannya kurikulum 2020 dengan kosep kampus merdeka.

Sempat hadir juga, ketua Departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB, Prof. Dr. Ir. Sutrisno, M.Agr. Beliau menyapa alumni dan berharap terus melaksanakan kerjasama dengan program studi. Beliau memaparkan bahwa saat ini IPB sedang terus mengembangkan kurikulum dan juga kerjasama antara alumni dan kampus. Selain itu, beliau menyinggung sedikit mengenai perubahan nama program studi yang tadinya Program Studi (jurusan) Teknik Mesin dan Biosistem (TMB), kini berubah menjadi Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB). Departemen tetap pada nama yang lama yaitu TMB.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan berbagi pengalaman dari alumni yaitu:

  1. Risky Sudarmadji S.T, youtuber WERU TV.
  2. Roswangi Endah P, S.T (Konsultan pendidikan Ruang Raya Indonesia)
  3. Unggul Teguh, S.T, M.Sc (Research asisstant National Central University Taiwan)
  4. Nur Khiril, S.T (PT BNI)
  5. M. Ari Purnama Adji, S.T (Human Capital Officer, PT Bumiputera Gunajaya Agro)
  6. M Haris Fackhrullah, S.T (Bussiness Consultant, PT Traktor Nusantara)
  7. Putri Dinda Asri, S.T (PT Selera Harum Inti Pangan)
  8. Fikri Raihan, S.T (Manger operational, CV Frinsa Agrolestari)
  9. Sutan MSA, S.T (CEO, PT Kharisma Agri Inovasi)
  10. Richo Oscar, S.T (PT SIR, First Resources Group)
  11. Ervan Dinata G, S.T (Application Engineer PT. United Tractrors, Tbk)

Masing-masing alumni menjelaskan pengalaman mereka dalam sekolah, bisnis dan juga menjadi pengusaha. Pengalaman-pengalaman ini harapannya dapat bermanfaat bagi para pendengar. Selain melalui meeting online, kegiatan ini juga disiarkan melalui youtube Channel Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, IPB.

Link youtube dapat dilihat pada: https://www.youtube.com/watch?v=unx6Crk6yTk (SPR/2020).