Perkuat MBKM: Dosen program studi S1 Teknik Pertanian dan Biosistem, Departemen Teknik Mesin dan Biosistem kunjungi JAVA FRINSA Estate di Pengalengan, Kabupaten Bandung. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka menjajagi magang MBKM dalam bentuk penelitian dan pengembangan solusi Bersama pada pengolahan Kopi. Kunjungan dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, 11-12 Agustus 2022.

Kunjungan ini dalam rangka kegiatan PKKM Kampus Merdeka yang didanai oleh DIKTI, melalui kegiatan Magang Penelitian.

Kunjungan diterima langsung oleh Fikri Raihan yang merupakan manajer operasional dari Java Frinsa. Selain itu, tim juga sempat berdiskusi dengan Bapak Wildan Mustofa sebagai Direktur dari Java Frinsa.

Java FRINSA Estate merupakan produsen kopi yang ckup terkenal baik didalam negeri maupun mancanegara. Fikri Raihan Hakim, yang merupakan manajer operasional menyatakan “Java Frinsa bekerjasama dengan mitra petani-petani kopi di wilayah Jawa Barat. Mitra merupakan petani rakyat yang ada diseputaran Bandung”.

Selanjutnya Dr. Nanik Purwanti, Dr. Supriyanto dan Lilis Sucahyo melakukan kunjungan ke proses pengolahan kopi yang terdiri dari proses Pemanenan, Pengupasan kuliah buah (Pulping), fermentasi, pencucian, pengeringan, pengupasan kulit tanduk/kulit ari, sortasi dan pengemasan. Selain itu, tim TMB juga diperkenalkan dengan berbagai teknologi yang digunakan dalam pengolahan kopi seperti Color Sorter. Color Sorter berfungsi untuk melakukan pemilahan biji kopi yang bagus dan tidak. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk kopi yang dijual.