Melalui kegiatan Webinar Series ke-3, departemen Teknik Mesin dan Biosistem perkenalkan Teknologi dan Bisnis Hidroponik untuk Hobby Bertanam di Rumah sampai Skala Komersial. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 26 Juni 2020 pukul 09.00-11.00 WIB melalui Zoom dan Youtube Streaming.

Materi disampaikan oleh empat pembicara. Pembicara pertama, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc mengulas mengenai perkembangan Teknologi Hidroponik. Inovasi-inovasi riset dan hasil karya teknologi dijabarkan oleh Prof Herry. Salah satunya, beliau memperkenalkan konsep speaking plant approach atau tanaman berbicara. Teknologi ini adalah penerapan sensor untuk mengetahui kondisi tanaman dan melakukan kontrol otomatik terhadap perlakuan kepada tanaman terdiri dari pemberian nutrisi dan juga perlakuan suhu. Prof Herry yang merupakan guru Besar tetap di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem memberikan gambaran kini dan kedepan mengenai teknologi Hidroponik.

Ir. Nursyamsyu Mahyudin, M.Si memberikan penjelasan mengenai prospek bisnis Hidroponik. Beliau merupakan Direktur Utama Nudira Freash, PT Nudira Sumberdaya Indonesia. Pak Nursyamsu, menyampaikan materi langsung dari kebun hidroponik yang ada di daerah Lembang, Jawa Barat. Pada paparannya, beliau menjelaskan teknis dan pengalaman usaha hidroponik dari skala kecil sampai skala komersial.

Prof. Dr. Ir. Aris Purwanto, M.Sc menjelaskan teknologi Pasca Panen Produk Hidroponik. Produk hidroponik umumnya adalah produk sayuran atau buah segar sehingga membutuhkan penanganan pasca-panen yang baik. Prof Aris merupakan profesor tetap pada Departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB.

Ir. Agus Wicaksono yang merupakan CEO dan Co-Founder Alumnia memberikan pandangannya mengenai strategi pendanaan bisnis hidroponik. Beliau memperkenalkan teknologi croud funding yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan bisnis hidroponik. Crowd funding ini dapat dilakukan baik pada skala kecil maupun besar. Selain itu, perkembangan financial technology (FINTECH) saat ini memungkinkan pendanaan dilakukan secara fleksibel pada berbagai skala usaha.

Kegiatan webinar ini diikuti oleh lebih dari 2500 peserta dari seluruh Indonesia yang terdiri dari Dosen, peneliti, PNS, ibu rumah tangga, wirausahawaan, mahasiswa yang tersebar dari sabang sampai merauke. Testimoni peserta juga menyambut baik kegiatan webinar ini. Kedepan mereka menyambut baik jika ada Asosiasi Hidroponik Indonesia yang juga sempat tercetus oleh pembicara pada saat pemaparan materi (SPR/2020).