Mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, IPB melakukan kegiatan pendampingan kelompok wanita tani (KWT) desa Cikarawang untuk meningkatkan produk. Kegaitan ini dilaksanakan oleh Septiyani Putri Mahanani, Abdul Muis Lubis, Ramadona Fisna Wanda, Dicky Kartiwa Maulana, dan Salma Nur Adbdillah. Program ini dinamanak PEKA, yang fokus pada pengembangan kapasitas KWT.

Program ini fokus pada peningkatan kualitas produk UMKM dalam bentuk latihan pengemasan, pelabelan, branding produk dan sertifikasi pangan sesuai standar.

Produk yang dihasilkan diantaranya adalah keripik ubi varian rasa, sari ubi ungu, keripik singkong varian rasa, keripik mocaf, brownies mocaf, nastar mocaf, rengginang, keripik pisang, dan berondong jagung varian rasa. Sementara itu, kelompok tani yang mendapatkan pendampingan adalah KWT Melati, Mawar dan Dahlia.

Program PEKA terdiri atas beberapa tahapan pelaksanaan yaitu sosialisasi terkait pengemasan dan pelabelan sesuai standar, pemasaran dan cara mengambil foto produk, keamanan dan sanitasi pengolahan pangan dan tata cara pengajuan P-IRT. Selain itu diperlukan aksi terkait pelatihan dalam pengemasan sesuai dengan produk yang dimiliki, pembuatan label produk, dan pengambilan foto kemasan produk untuk pemasaran.

Kegiatan ini didukung oleh perangkat Desa Cikarawang, ketua KWT Desa Cikarawang, Dinas KUKM Kabupaten Bogor dan pengusaha makanan. Selain penjualan secara online, kegiatan ini membuka kerjasama pemasaran dengan kantin SAPTA Fakultas Teknologi Pertanian, IPB. Produk juga dipasarkan secara online melalui FB dan Instagram.

Hasil dari kegiatan ini, penjualan produk UMKM meningkat dari 40 buah/bulan menjadi 300 buah/bulan. Selain pemasaran, anggota KWT di Desa Cikarawang juga mengikuti kegiatan bazar/pameran produk untuk memperluas pemasaran produk dan agar produk dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat (putri/pkmm ipb PEKA).