Diang Sagita (NIM F151160081), lulus tercepat pada program master (S2) Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (TMP), Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, IPB. Ujian dilaksanakan pada 2 April 2018 dengan judul tesis : Pengembangan Unit Penanam Benih Kedelai Tipe Vakum dan Pemupuk Bertenaga Traktor Tangan. Diang dilahirkan di Sukabumi 15 Desember 1994 yang merupakan angkatan 2016 lulus dalam waktu 1 tahun 8 bulan. 

Diang dibimbing oleh Dr. Ir. Wawan Hermawan, MS dan Dr. Ir. Radite Praeko Agus Setiawan, MAgr. Sidang ujian tesis dipimpin oleh Dr. Ir. I Dewa Made Subrata, MAgr. dan sebagai penguji luar adalah Dr. Ir. M Solahudin, MSi. 

Diang yang ahli desain mesin dan terampil dalam aplikasi Solidworks ini, juga merupakan lulusan tercepat pada waktu menyelesaikan program S1-nya di Program Studi Teknik Mesin dan Biosistem IPB, dua tahun yang犀利士 lalu. Semangat, ketekunan, kesabaran dan keuletan menjadi pendorong percepatan penyelesaian tesisnya, yang telah dimulai sejak awal semester tiga tahun lalu. Tentu saja dukungan dan do’a dari kedua orang tuanya yaitu Bapak Idap Prahma Mulya dan Ibu Wahyuni, memperlancar penyelesaian studinya di Program Studi TMP ini.

Hasil dari penelitian tesisnya adalah berupa prototipe mesin penanam benih kedelai tipe vakum dan pemupuk bertenaga traktor tangan yang telah berhasil diuji kinerjanya. Mesin ini dirancang untuk empat alur tanam kedelai dalam sekali lintasan.

Kebaruan dari hasil penelitiannya antara lain adalah:

1) sistem penjatah benih dan pupuk memanfaatkan putaran poros roda traktor,

2) penjatah benih tipe vakum untuk penjatahan benih tunggal per lubang tanam,

3) tekanan hisapan pada piringan penjatah benih yang dihasilkan oleh blower penghisap yang diputar oleh motor diesel pada traktor, dan

4) penjatah pupuk menggunakan auger dengan pitch bertingkat yang dilengkapi pengarah aliran pupuk dari hopper ke ruang auger.

Hasil uji menunjukkan bahwa penjatah benih mampu mendistribusikan lebih dari 97% benih tunggal (1 benih per lubang tanam) pada kecepatan putar blower di atas 5000 rpm. Kualitas penjatahan benih menunjukan klasifikasi yang sangat baik dengan nilai quality of feed index ≥ 99%, miss index ≤ 0.5% dan multiple index ≤ 0.5%, pada kecepatan blower 6000 rpm untuk benih Anjasmoro dan 5500-6000 rpm untuk benih Agro Mulyo. Penjatah pupuk mampu mengalokasikan pupuk secara merata dan akurasi cukup tinggi (error < 8%), untuk ketiga ukuran pitch auger. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa mesin telah mampu meningkatkan kapasitas kerja 2.3 kali lebih cepat dibandingkan prototipe sebelumnya.