Mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, IPB kembangkan rancangan alat dan mesin pertanian. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas akhir mata kuliah tugas akhir Rancangan Alat dan Mesin Pertanian. Presentasi dilaksanakan 12 Januari 2018 di Laborratorium Siswasdi Supardjo, Kampu IPB, Leuikopo.

Presentasi dilaksanakan oleh mahasiswa semester 7 yang telah mengembangan rancangan alat dan mesin. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari proses perancangan, penggunaan CAD 犀利士 dalam perancangan, analisis sifat bahan penunjang dan analisis lainnya.

Selanjutnya, konsep desain tersebut diimplementasikan dalam bentuk rancang bangun. Rancang bangun merupakan kegiatan mewujudkan ide dalam bentuk prototipe alat dan mesin. Masing-masing kelompok mengembangkan kasus-kasus yang berbeda.

Selanjutnya, dilakukan pengujian terhadap hasil rancangan dan prototipe. Program mata kuliah ini melatih mahasiswa untuk dapat mengembangan inovasi alat dan mesin pertanian yang nantinya akan menjadi bekal bagi mereka. Mahasiswa pada akhirnya akan mampu menerapkan pengetahuan dan kecakapan teknik untuk merancang alat dan mesin pertanian.