Supriyanto, dosen Departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB pada Minggu 05 Juli 2020 perkenalkan web-programming untuk pemula. Pelatihan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan perangkat zoom. Sebanyak 32 mahasiswa dari Departemen TMB, IPB, mahasiswa IPB lainnya, dan mahasiswa dari luar IPB ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Pelatihan dimulai tepat pukul 09.00-11.45. Kegiatan diawali dengan memperkenalkan dasar-dasar pemrograman web. Pada kegiatan ini Supriyanto dibantu oleh Bobin Sebayang, mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem IPB dalam memberikan pelatihan.

Pada pertemuan awal, peserta dipandu untuk melakukan instalasi web-server. Web-server yang digunakan dalam pelatihan ini adalah apache yang sudah ada dalam paket XAMPP. Selanjutnya, dijelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan pemula untuk membuat web statik dengan menggunakan HTML. HTML merupakan materi dasar untuk memperkenalkan web-programming kepada mahasiswa dan peserta untuk memahami konsep dan penerapan pemrograman.

Kegiatan ini dirasa sangat menarik bagi peserta karena dilakukan dengan sistem NgoBar (Ngoding Bareng). Namun, karena pelatihan dilaksanakan secara online, peserta terkendala harus membagi monitor mereka menjadi dua: pertama untuk menyimak penjelasan, kedua untuk melakukan ujicoba koding yang telah diajarkan.

Namun demikian, rekaman kegiatan ini diberikan oleh pemateri dan dapat diakses melalui link berikut:

Kegiatan pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem (HIMATETA). Selain kegiatan ini juga dilaksanakan pelatihan solidwork dan kegiatan lainnya.