SEJARAH | Departemen Teknik Mesin & Biosistem Institut Pertanian Bogor

Sejarah Pembentukan Departemen

Teknik Pertanian merupakan pendekatan teknik (engineering) secara luas dalam bidang pertanian yang sangat dibutuhkan untuk melakukan transformasi sumberdaya alam secara efisien dan efektif untuk pemanfaatannya oleh manusia. Dengan demikian dalam sistematika keilmuan, bidang ilmu teknik pertanian tetap bertumpu pada bidang ilmu teknik (engineering) untuk memecahkan berbagai permasalahan di bidang pertanian.

Dalam sejarahnya, sejak tahun 1960 Mekanisasi Pertanian merupakan salah satu bagian dari Departemen Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Indonesia. Pada saat Institut Pertanian Bogor (Bogor Agricultural University) Berdiri tahuan 1963, pemerintah juga menyadari pentingnya pendidikan tinggi di bidang teknologi dan mekanisasi pertanian. Pada tahun yang sama Depatemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) meminta IPB untuk menghimpun semua fasilitas yang ada di IPB agar dapat mendirikan suatu fakultas di bidang tersebut. Akhirnya pada tanggal 3 Oktober 1964 didirikan Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang disingkat FATEMETA dengan dua jurusan studi, yaitu Jurusan Teknologi Hasil Pertanian dan Jurusan Mekanisasi Pertanian. Jurusan Mekanisasi Pertanian terdiri dari dua departemen, yaitu 1) Departemen Mesin-Mesin Pertanian dan 2) Departemen Konstruksi. Pada Tahun 1968 depatemen-departemen di FATEMETA dikelompok menjadi 2 departemen sesuai dengan Jurusan Studi yang ada, yaitu Depatemen Teknologi Hasil Pertanian dan Depatemen Mekanisasi Pertanian. Bagian-bagian yang ada di Departemen Mekanisasi Pertanian diubah menjadi tiga bagian, yaitu 1) Bagian Mesin-mesin Budidaya Pertanian, 2) Bagian Teknik Tanah dan Air, dan 3) Bagian Elektrifikasi, Bangunan, Mesin-Mesin Pengolahan Pertanian.

Sejak tahun 1981 Departemen Mekanisasi Pertanian berubah nama menjadi jurusan Keteknikan Pertanian, dan pada tahun 2000 berubah menjadi Jurusan Teknik Pertanian. Unutk mengembangkan keilmuan itu, ada tujuh bagian di Departemen TEP yaitu 1) Bagian Teknik Mesin Budidaya Pertanian , 2) Bagian Teknik Tanah dan Air, 3)Bagian Sistem dan Manajemen Mekanisasi Pertanian,  4) Bagian Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian, 5) Bagian Energi dan Elektrifikasi Pertanian, 6) Bagian Lingkungan dan Bagian Pertanian, 7) Bagian Ergonomika dan Elektronika Pertanian.

Sejalan dengan sistem department-based yang dijalankan oleh IPB maka sejak tahun 2003 Jurusan Teknik Pertanian berubah menjadi Departemen Teknik Pertanian. Mandat dari Departemen TEP adalah “Mengembangkan ilmu keteknikan dan penerapannya dalam bidang pertanian”.

Tahun 2010 Departemen Teknik Pertanian sudah berganti nama menjadi Teknik Mesin dan Biosistem. Perubahan nama ini berupaya meningkatkan SDM dengan kurikulum yang lebih unik. Teknik Mesin dan Biosistem menawarkan disiplin ilmu dan rangkaian pengalaman yang akan menyiapkan lulusannya memiliki multi disiplin ilmu dan keterampilan yang bisa bekerja dibanyak bidang.

wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink satış deface mirror wso shell