{"id":707,"date":"2022-04-13T04:16:07","date_gmt":"2022-04-12T21:16:07","guid":{"rendered":"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/?page_id=707"},"modified":"2022-05-13T13:54:06","modified_gmt":"2022-05-13T06:54:06","slug":"capaian-pembelajaran-lulusan-cpl-learning-outcome-lo","status":"publish","type":"page","link":"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/index.php\/capaian-pembelajaran-lulusan-cpl-learning-outcome-lo\/","title":{"rendered":"Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)\/Learning Outcome (LO"},"content":{"rendered":"

[et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.0.1″ use_background_color_gradient=”on” background_color_gradient_start=”#1d64a3″ background_color_gradient_end=”#d3342c” custom_margin=”||-40px|||” custom_padding=”3px|||||” bottom_divider_style=”slant2″ bottom_divider_color=”#ffffff”][et_pb_row _builder_version=”4.0.1″][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.0.1″][et_pb_image src=”https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2020\/11\/Post-Slider-Inovasi.jpg” _builder_version=”4.0.1″ animation_style=”fade”][\/et_pb_image][et_pb_text _builder_version=”4.0.1″ header_2_text_color=”#ffffff” min_height=”1px” custom_padding=”5px|||||” header_2_text_shadow_style=”preset2″]<\/p>\n

\u00a0<\/h2>\n

Capaian Pembelajaran Lulusan – PS S1 Teknik Pertanian dan Biosistem<\/strong><\/h2>\n

[\/et_pb_text][\/et_pb_column][\/et_pb_row][\/et_pb_section][et_pb_section fb_built=”1″ admin_label=”section” _builder_version=”4.0.1″ background_image=”https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2020\/10\/Grey-Texture-Background-and-Wallpaper-22.jpg” parallax=”on” custom_margin=”||-67px|||” custom_padding=”12px|||||”][et_pb_row _builder_version=”4.0.1″ min_height=”5256px” custom_margin=”-44px|auto||auto||”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.0.1″][et_pb_text _builder_version=”4.0.1″ custom_margin=”-35px|||||” custom_padding=”64px|||||”]<\/p>\n

<\/h4>\n

<\/strong><\/h4>\n

Capaian Pembelajaran Lulusan<\/strong><\/h4>\n

Kemampuan lulusan PS-TPB sesuai dengan rumusan profil lulusan PS-TPB, dioperasionalkan ke dalam bentuk capaian pembelajaran lulusan (CPL). Dalam merumuskan capaian pembelajaran lulusan PS-TPB, ada beberapa sumber yang dijadikan acuan diantaranya:\u00a0<\/span><\/p>\n

    \n
  1. Capaian pembelajaran yang dirumuskan dalam Permenristekdikti No. 44\/2015, untuk aspek sikap dan keterampilan\u00a0<\/span><\/li>\n
  2. Capaian pembelajaran yang dirumuskan oleh Forum Komunikasi Prodi Sejenis Bidang Keteknikan Pertanian dan Biosistem dalam kerangka KKNI<\/span><\/li>\n
  3. Capaian pembelajaran untuk program studi pendidikan teknik yang dirumuskan <\/span>Indonesian Accreditation Board for Engineering Education<\/span><\/i> (IABEE)\u00a0<\/span><\/li>\n
  4. Umpan balik dari pemangku kepentingan (<\/span>stakeholders<\/span><\/i>)<\/span><\/li>\n<\/ol>\n

    Rumusan capaian pembelajaran lulusan PS-TPB disajikan dalam Tabel berikut ini.<\/span><\/p>\n

    Tabel 1. <\/b>Capaian Pembelajaran Lulusan PS TPB<\/span><\/p>\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n
    \n

    Kode<\/b><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi<\/b><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL01<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Memiliki iman, moral, sikap intelektual, kekuatan dan kesehatan fisik, dan etika sebagai akademisi dan insinyur<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL02<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Memahami karakter insinyur yang profesional sesuai dengan etika keteknikan (<\/span>engineering ethics<\/span><\/i>) dan norma yang berlaku di masyarakat<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL03<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menguasai pengetahuan dasar mengenai dasar keteknikan dan mampu menerapkan kemampuan tersebut dalam\u00a0 bidang teknik pertanian tropika dan biosistem\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL04<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menguasai pengetahuan dasar pertanian dan ilmu terkait, matematika, penerapan komputer, dan kemampuan simulasi dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis, interpretasi, identifikasi solusi alternatif; dan melaksanakan percobaan untuk meningkatkan kinerja sistem pertanian atau mendapatkan solusi dari permasalahan umum di bidang pertanian tropika dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL05<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu menerapkan dasar-dasar teknik untuk merancang mesin, proses, dan model yang berkaitan dengan permasalahan umum di bidang pertanian tropika dan biosistem\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL06<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menguasai analisis sistem dan tekno-ekonomi dan menerapkannya untuk evaluasi kelayakan serta mengelola sistem mekanisasi pertanian, greenhouse, bangunan pertanian, dan pengolahan pangan dan hasil pertanian<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL07<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menguasai pengetahuan dasar komputer dan kemampuan untuk menerapkannya untuk komunikasi berupa gambar, pelaporan, pengolahan, data simulasi, menggambar teknik kontrol, dan sistem informasi<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL08<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu berkomunikasi secara efektif dalam forum ilmiah dan memiliki perhatian terhadap perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang teknik mesin dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL09<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing terutama Bahasa Inggris dan mengerti naskah-naskah yang ditulis dalam Bahasa Inggris<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL10<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu memecahkan persoalan dalam bidang terkait melalui kerja kelompok<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    CPL11<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu belajar seumur hidup secara mandiri dan memiliki karakter inovatif dan wirausaha dalam rangka berpartisipasi dalam perkembangan bidang pertanian dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n

    \u00a0Keterkaitan CPL PS-TPB dengan CPL IABEE<\/strong><\/span><\/p>\n

    \u00a0Sebagai salah satu prodi yang telah terakreditasi oleh IABEE rumusan capaian pembelajaran lulusan PS-TPB juga sesuai dengan kriteria capaian pembelajaran yang diharapkan\/disyaratkan oleh IABEE sebagaimana ditunjukkan oleh Tabel 2.<\/span><\/p>\n

    Tabel 2<\/b>. Kriteria IABEE terkait rumusan capaian pembelajaran lulusan<\/span><\/p>\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n
    \n

    Kode<\/b><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi<\/b><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    a<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    an ability to apply knowledge of mathematics, natural and\/or materials sciences, information technology and engineering to acquire comprehensive understanding of engineering principles,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    b<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    an ability to design components, systems, and\/or processes to meet desired needs within realistic constraints in such aspects as law, economic, environment, social, politics, health and safety, sustainability as well as to recognize and\/or utilize the potential of local and national resources with global perspective,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    c<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    an ability to design and conduct laboratory and\/or field experiments as well as to analyze and interpret data to strengthen the engineering judgment,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    d<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    an ability to identify, formulate, analyze, and solve complex engineering problems,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    e<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    an ability to apply methods, skills and modern engineering tools necessary for engineering practices,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    f<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    an ability to communicate effectively in oral and written manners,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    g<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    an ability to plan, accomplish, and evaluate tasks under given constraints,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    h<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    an ability to work in multidisciplinary and multicultural team<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    i<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    an ability to be accountable and responsible to the society and adhere to professional ethics in solving engineering problems, and<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    j<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    an ability to understand the need for life-long learning, including access to the relevant knowledge of contemporary issues<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n

    Keterkaitan antara capaian pembelajaran lulusan (CPL) PS-TPB dan IABEE dapat ditunjukkan oleh Tabel 3 berikut<\/span>:<\/b><\/p>\n

    Tabel 3. <\/b>Keterkaitan CPL PS-TPB dan CPL IABEE<\/span><\/p>\n

    \"\"<\/p>\n

    Keterangan: <\/b>Keterkaitan antar CPL: Kuat (XX); Lemah (X).\u00a0<\/span><\/p>\n

    Keterkaitan CPL PS-TPB dengan CPL SN Dikti<\/strong><\/p>\n

    Rumusan CPL PS-TPB selanjutnya dirinci kembali menjadi indikator kinerja (IK) dengan merujuk pada SN-Dikti yang mencakup aspek Sikap (S), Pengetahuan (P), Keterampilan Umum (KU) dan Keterampilan Khusus (KK).\u00a0<\/span><\/p>\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL01:<\/b> Memiliki iman, moral, sikap intelektual, kekuatan dan kesehatan fisik, dan etika sebagai akademisi dan insinyur<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/b><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/b><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/b><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK01<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    S01<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK02<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    S02<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK03<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    S03<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK04<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    S04<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK05<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    S05<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK07<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    S07<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK08<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    S08<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL02:<\/b> Memahami karakter insinyur yang profesional sesuai dengan etika keteknikan (<\/span>engineering ethics<\/span><\/i>) dan norma yang berlaku di masyarakat<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK09<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    S09<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri sesuai etika profesi keinsinyuran<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    B<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL03:<\/b> Menguasai pengetahuan dasar mengenai dasar keteknikan dan mampu menerapkan kemampuan tersebut dalam\u00a0 bidang teknik pertanian tropika dan biosistem\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK12<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    P02<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menguasai Prinsip dan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles) dan\u00a0 perancangan rekayasa (engineering design) secara mendalam<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    C<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL04:<\/b> Menguasai pengetahuan dasar pertanian dan ilmu terkait, matematika, penerapan komputer, dan kemampuan simulasi dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis, interpretasi, identifikasi solusi alternatif; dan melaksanakan percobaan untuk meningkatkan kinerja sistem pertanian atau mendapatkan solusi dari permasalahan umum di bidang pertanian tropika dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK11<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    P01<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menguasai Prinsip dan konsep teoritis sains alam (basic sciences) dan matematika untuk aplikasi rekayasa\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK13<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    P03<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menguasai Prinsip dan konsep teoritis ilmu pertanian dan biologik secara umum<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK16<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KU01<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika dan sains alam, sains rekayasa serta prinsip rekayasa (engineering principles) dalam melakukan aktivitas-aktivitas rekayasa (engineering activities) yang mencakup analisis rekayasa, perancangan dan pemanfaatan perangkat rekayasa<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK17<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KU02<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu melakukan analisis rekayasa (engineering analysis) untuk mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan masalah rekayasa kompleks\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK21<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KU06<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu melakukan eksperimen, analisis dan interpretasi data serta merumuskan kesimpulan dari hasil riset, perancangan, dan pengembangan<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK22<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK01<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu menerapkan pemikiran\u00a0 logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang\u00a0 memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan teknik pertanian dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL05: <\/b>Mampu menerapkan dasar-dasar teknik untuk merancang mesin, proses, dan model yang berkaitan dengan permasalahan umum di bidang pertanian tropika dan biosistem\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK18<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KU03<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu merancang sistem, proses, dan peralatan yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan standar teknis, ekonomi, kinerja, kemudahan penerapan dan keberlanjutan\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    E<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL06: <\/b>Menguasai analisis sistem dan tekno-ekonomi dan menerapkannya untuk evaluasi kelayakan serta mengelola sistem mekanisasi pertanian, greenhouse, bangunan pertanian, dan pengolahan pangan dan hasil pertanian<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK14<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    P04<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menguasai Prinsip dan konsep umum serta issue terkini dalam ekonomi, sosial, manajemen dan ekologi\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    F<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK20<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KU05<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu menginkorporasi faktor-faktor dan kendala ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan dalam melakukan aktivitas-aktivitas rekayasa<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    F<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL07:<\/b> Menguasai pengetahuan dasar komputer dan kemampuan untuk menerapkannya untuk komunikasi berupa gambar, pelaporan, pengolahan, data simulasi, menggambar teknik kontrol, dan sistem informasi<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK15<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    P05<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menguasai Prinsip dan konsep umum teknologi informasi dan komunikasi mutakhir<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    G<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK19<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KU04<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu memanfaatkan perangkat rekayasa (engineering tools) konvensional dan mutakhir termasuk yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    G<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL08: <\/b>Mampu berkomunikasi secara efektif dalam forum ilmiah dan memiliki perhatian terhadap perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang teknik mesin dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK25<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK04<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    H<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL09: <\/b>Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing terutama Bahasa Inggris dan mengerti naskah-naskah yang ditulis dalam Bahasa Inggris<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK28<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK07<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu bekerja dalam tim, mengkomunikasikan ide serta bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta\u00a0 evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    I<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL10: <\/b>Mampu memecahkan persoalan dalam bidang terkait melalui kerja kelompok<\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK06<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    S06<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    J<\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK26<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK05<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    J<\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK28<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK07<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu bekerja dalam tim, mengkomunikasikan ide serta bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta\u00a0 evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    J<\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK29<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK08<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri<\/p>\n<\/td>\n

    \n

    J<\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n
    \n

    CPL11: <\/b>Mampu belajar seumur hidup secara mandiri dan memiliki karakter inovatif dan wirausaha dalam rangka berpartisipasi dalam perkembangan bidang pertanian dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK10<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    S10<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    K<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK22<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK01<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu menerapkan pemikiran\u00a0 logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang\u00a0 memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan teknik pertanian dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    K<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK23<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK02<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    K<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK24<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK03<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan atau desain<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    K<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK27<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK06<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    K<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK30<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK09<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    K<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n

    \n

    IK31<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    KK10<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    Mampu membaca, menganalisis, menggunakan data dan informasi di dunia digital<\/span><\/p>\n<\/td>\n

    \n

    K<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n

    [\/et_pb_text][\/et_pb_column][\/et_pb_row][\/et_pb_section][et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.0.1″ background_color=”#2d2d2d” min_height=”200px” custom_margin=”-22px|||||” custom_padding=”24px||0px|||”][\/et_pb_section]<\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"

    [et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.0.1″ use_background_color_gradient=”on” background_color_gradient_start=”#1d64a3″ background_color_gradient_end=”#d3342c” custom_margin=”||-40px|||” custom_padding=”3px|||||” bottom_divider_style=”slant2″ bottom_divider_color=”#ffffff”][et_pb_row _builder_version=”4.0.1″][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.0.1″][et_pb_image src=”https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2020\/11\/Post-Slider-Inovasi.jpg” _builder_version=”4.0.1″ animation_style=”fade”][\/et_pb_image][et_pb_text _builder_version=”4.0.1″ header_2_text_color=”#ffffff” min_height=”1px” custom_padding=”5px|||||” header_2_text_shadow_style=”preset2″] \u00a0 Capaian Pembelajaran Lulusan – PS S1 Teknik Pertanian dan Biosistem [\/et_pb_text][\/et_pb_column][\/et_pb_row][\/et_pb_section][et_pb_section fb_built=”1″ admin_label=”section” _builder_version=”4.0.1″ background_image=”https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2020\/10\/Grey-Texture-Background-and-Wallpaper-22.jpg” parallax=”on” custom_margin=”||-67px|||” custom_padding=”12px|||||”][et_pb_row _builder_version=”4.0.1″ min_height=”5256px” custom_margin=”-44px|auto||auto||”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.0.1″][et_pb_text _builder_version=”4.0.1″ custom_margin=”-35px|||||” custom_padding=”64px|||||”] Capaian Pembelajaran Lulusan Kemampuan lulusan PS-TPB sesuai […]<\/p>\n","protected":false},"author":1,"featured_media":0,"parent":0,"menu_order":0,"comment_status":"closed","ping_status":"closed","template":"","meta":{"_et_pb_use_builder":"on","_et_pb_old_content":"\n[et_pb_section fb_built=\"1\" _builder_version=\"4.0.1\" use_background_color_gradient=\"on\" background_color_gradient_start=\"#1d64a3\" background_color_gradient_end=\"#d3342c\" custom_margin=\"||-40px|||\" custom_padding=\"3px|||||\" bottom_divider_style=\"slant2\" bottom_divider_color=\"#ffffff\"][et_pb_row _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_column type=\"4_4\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_image src=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2020\/11\/Post-Slider-Inovasi.jpg\" _builder_version=\"4.0.1\" animation_style=\"fade\"][\/et_pb_image][et_pb_text _builder_version=\"4.0.1\" header_2_text_color=\"#ffffff\" header_2_text_shadow_style=\"preset2\"]\n

    Program Studi S2 - Magister Teknik Pertanian dan Biosistem<\/strong><\/h2>\n[\/et_pb_text][\/et_pb_column][\/et_pb_row][\/et_pb_section]\n\n\n\n[et_pb_section fb_built=\"1\" admin_label=\"section\" _builder_version=\"4.0.1\" background_image=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2020\/10\/Grey-Texture-Background-and-Wallpaper-22.jpg\" parallax=\"on\" custom_margin=\"||-67px|||\" custom_padding=\"12px|||||\"][et_pb_row column_structure=\"2_5,3_5\" _builder_version=\"4.0.1\" min_height=\"400px\" custom_margin=\"|auto|-4px|auto||\" custom_padding=\"9px||0px|||\"][et_pb_column type=\"2_5\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_image src=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2020\/11\/dr-usman-china.jpg\" force_fullwidth=\"on\" _builder_version=\"4.0.1\" custom_margin=\"||14px|||\" custom_padding=\"17px||0px||false|false\"][\/et_pb_image][et_pb_text _builder_version=\"4.0.1\"]\n

    Tenaga Pengajar<\/strong><\/h3>\nPS S2 TPB didukung oleh 31 dosen Departemen TMB dengan kualifikasi doktor lulusan berbagai perguruan tinggi ternama baik di dalam maupun luar negeri (Belanda, Jepang, Kanada, Jerman), 8 diantaranya memegang jabatan professor.\n\n[\/et_pb_text][\/et_pb_column][et_pb_column type=\"3_5\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_text _builder_version=\"4.0.1\"]\n

    Mandat<\/strong><\/h3>\n

    Program studi magister Teknik Pertanian dan Biosistem (PS S2 TPB) memiliki mandat untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan teknik dalam bidang pertanian, pangan, energi dan lingkungan dengan menggunakan kaidah keteknikan untuk menemukan solusi yang efektif dan inovatif baik dalam bentuk teori, model, desain, prototipe alat dan mesin pertanian maupun sistem dan perencanaan produksi.<\/p>\n\n

    Tujuan<\/strong><\/h3>\n

    Tujuan dari pendidikan program magister ini adalah menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan teknik dalam bidang pertanian dan biosistem dengan menggunakan kaidah keteknikan untuk mengelola riset dengan pendekatan multi disiplin dalam menemukan solusi yang efektif dan inovatif dalam sistem produksi dan pengolahan hasil pertanian.<\/p>\n[\/et_pb_text][\/et_pb_column][\/et_pb_row][et_pb_row column_structure=\"1_2,1_2\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_column type=\"1_2\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_text _builder_version=\"4.0.1\"]\n

    Capaian Lulusan<\/strong><\/h3>\nCapaian lulusan yang diharapkan dari Program Magister Sains Teknik Pertanian dan Biosistem ini adalah sebagai berikut, dengan pendalaman yang lebih dibandingkan dengan Program Sarjana Teknik Pertanian dan Biosistem:\n
      \n \t
    • Menguasai teori dan teori aplikasi bidang keteknikan, ilmu pertanian dan biosistem, analisis dan pemodelan dalam lingkup teknik pertanian dan biosistem.<\/li>\n \t
    • Mampu mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan merumuskan permasalahan dalam bidang teknik pertanian dan biosistem dengan cara pendekatan dan metode ilmiah.<\/li>\n \t
    • Mampu menyelesaikan permasalahan melalui rancang bangun, konstruksi, pengujian, pengelolaan sumberdaya alam dan proses produksi dengan pendekatan inter atau multidisipliner\nMampu mengembangkan IPTEKS melalui aktivitas penelitian sehingga menghasilkan karya inovatif, teruji. dan bermanfaat bagi masyarakat.<\/li>\n \t
    • Mampu merencanakan dan mengelola aktivitas penelitian dan memublikasikan hasilnya di tingkat nasional maupun internasional.<\/li>\n \t
    • Mampu bersikap dan berperilaku profesional dan inovatif dalam berkarya dan berkarir untuk pengembangan keilmuan serta komprehensif sesuai dengan etika ilmiah dan norma kehidupan masyarakat.<\/li>\n \t
    • Mampu berkomunikasi secara efektif dan tanggap terhadap perkembangan IPTEKS.<\/li>\n<\/ul>\n[\/et_pb_text][\/et_pb_column][et_pb_column type=\"1_2\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_text _builder_version=\"4.0.1\"]\n

      Bidang Penelitian<\/strong><\/h3>\nBeberapa diantara bidang penelitian yang dicakup oleh program studi TPB adalah:\n
        \n \t
      • Rancang bangun\/ rekayasa alat dan mesin pertanian (pra-panen dan pasca panen)<\/li>\n \t
      • Rancang bangun sistem otomatisasi di bidang pertanian<\/li>\n \t
      • Teknologi rumah tanaman, hidroponik, aeroponik<\/li>\n \t
      • Teknik Sistem dan Informatika Pertanian.<\/li>\n \t
      • Sistem Manajemen.<\/li>\n \t
      • Teknik penyimpanan, pengepakan, transportasi produk pertanian.<\/li>\n \t
      • Teknik Pengolahan hasil pertanian dan penanganan pasca panen.<\/li>\n \t
      • Teknik pendinginan dan pengeringan bahan pertanian dan pangan.<\/li>\n \t
      • Kecerdasan buatan dalam bidang pertanian.<\/li>\n \t
      • Analisis ergonomika dalam bidang pertanian.<\/li>\n \t
      • Rancang bangun dan analisis sistem pengukuran non destruktif.<\/li>\n \t
      • GIS dan manajemen sumberdaya air.<\/li>\n \t
      • Analisa penggunaan energi untuk industri pertanian.<\/li>\n \t
      • Aplikasi gelombang mikro untuk proses termal.<\/li>\n \t
      • Pemodelan dan simulasi sistem termal.<\/li>\n \t
      • Pengembangan gas storage<\/li>\n<\/ul>\n[\/et_pb_text][\/et_pb_column][\/et_pb_row][et_pb_row _builder_version=\"4.0.1\" custom_margin=\"-44px|auto||auto||\"][et_pb_column type=\"4_4\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_divider color=\"#8e8e8e\" _builder_version=\"4.0.1\" custom_margin=\"||26px|||\"][\/et_pb_divider][et_pb_text _builder_version=\"4.0.1\" custom_margin=\"-35px|||||\" custom_padding=\"26px|||||\"]\n

        Informasi dan Dokumen<\/h4>\n

        S2 - Magister Teknik Pertanian dan Biosistem<\/strong><\/h3>\n[\/et_pb_text][\/et_pb_column][\/et_pb_row][et_pb_row column_structure=\"1_3,1_3,1_3\" _builder_version=\"4.0.1\" custom_padding=\"||38px|||\"][et_pb_column type=\"1_3\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_cta title=\"Katalog Kurikulum 2015 PS TPB\" button_url=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2021\/10\/Katalog-Kurikulum-2015-PS-S2-TPB.pdf\" url_new_window=\"on\" button_text=\"Click Here\" _builder_version=\"4.0.1\" background_color=\"#43436b\" background_image=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2020\/10\/IMG_4633-scaled.jpg\" background_blend=\"overlay\" hover_enabled=\"0\"]\n\nUnduh dokumen katalog kurikulum 2015 pembelajaran Program Studi Magister Teknik Pertanian dan Biosistem\n\n[\/et_pb_cta][\/et_pb_column][et_pb_column type=\"1_3\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_cta title=\"Katalog Kurikulum 2020 PS TPB\" button_url=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2021\/10\/Katalog-Kurikulum-K2020-PS-S2-TPB.pdf\" url_new_window=\"on\" button_text=\"Click Here\" _builder_version=\"4.0.1\" background_color=\"#43436b\" background_image=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2020\/10\/IMG_9690-scaled.jpg\" background_blend=\"overlay\" hover_enabled=\"0\"]\n\nUnduh dokumen katalog kurikulum 2020 pembelajaran Program Studi Magister Teknik Pertanian dan Biosistem\n\n[\/et_pb_cta][\/et_pb_column][et_pb_column type=\"1_3\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_cta title=\"SOP Pascasarjana\" button_url=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2021\/10\/SOP-pascasarjana-tahun-2020.pdf\" url_new_window=\"on\" button_text=\"Click Here\" _builder_version=\"4.0.1\" background_color=\"#43436b\" background_image=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2020\/10\/IMG_2593-scaled.jpg\" background_blend=\"overlay\" custom_margin=\"17px|||||\" link_option_url=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2021\/10\/SOP-pascasarjana-tahun-2020.pdf\" hover_enabled=\"0\"]\n\nUnduh SOP Pascasarjana Teknik Pertanian dan Biosistem\n\n[\/et_pb_cta][\/et_pb_column][\/et_pb_row][\/et_pb_section]\n\n\n\n[et_pb_section fb_built=\"1\" _builder_version=\"4.0.1\" background_color=\"#2d2d2d\" min_height=\"200px\" custom_margin=\"-22px|||||\" custom_padding=\"23px||0px|||\"][et_pb_row _builder_version=\"4.0.1\" background_color=\"#2d2d2d\" custom_margin=\"|auto|3px|auto||\"][et_pb_column type=\"4_4\" _builder_version=\"4.0.1\"][et_pb_image src=\"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/id\/wp-content\/uploads\/2021\/10\/LEAFLET-POB.jpeg\" _builder_version=\"4.0.1\"][\/et_pb_image][et_pb_text _builder_version=\"4.0.1\" text_text_color=\"#ffffff\" header_4_text_color=\"#ffffff\" header_5_text_color=\"#ffffff\" custom_margin=\"-19px|||||\" custom_padding=\"7px||0px||false|false\"]\n
        Sekretariat Pascasarjana Departemen TMB IPB University<\/strong><\/h5>\n

        Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (Dep. TMB)\nFakultas Teknologi Pertanian, IPB\nKampus IPB Darmaga, Po. Box. 220 Bogor\nTelp.\/Fax. 0251-8623026<\/p>\n[\/et_pb_text][\/et_pb_column][\/et_pb_row][\/et_pb_section]\n","footnotes":""},"_links":{"self":[{"href":"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/index.php\/wp-json\/wp\/v2\/pages\/707"}],"collection":[{"href":"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/index.php\/wp-json\/wp\/v2\/pages"}],"about":[{"href":"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/index.php\/wp-json\/wp\/v2\/types\/page"}],"author":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/index.php\/wp-json\/wp\/v2\/users\/1"}],"replies":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/index.php\/wp-json\/wp\/v2\/comments?post=707"}],"version-history":[{"count":12,"href":"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/index.php\/wp-json\/wp\/v2\/pages\/707\/revisions"}],"predecessor-version":[{"id":737,"href":"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/index.php\/wp-json\/wp\/v2\/pages\/707\/revisions\/737"}],"wp:attachment":[{"href":"https:\/\/tmb.ipb.ac.id\/index.php\/wp-json\/wp\/v2\/media?parent=707"}],"curies":[{"name":"wp","href":"https:\/\/api.w.org\/{rel}","templated":true}]}}