\n\n CPL01<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Memiliki iman, moral, sikap intelektual, kekuatan dan kesehatan fisik, dan etika sebagai akademisi dan insinyur<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n CPL02<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Memahami karakter insinyur yang profesional sesuai dengan etika keteknikan (<\/span>engineering ethics<\/span><\/i>) dan norma yang berlaku di masyarakat<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n CPL03<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menguasai pengetahuan dasar mengenai dasar keteknikan dan mampu menerapkan kemampuan tersebut dalam\u00a0 bidang teknik pertanian tropika dan biosistem\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n CPL04<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menguasai pengetahuan dasar pertanian dan ilmu terkait, matematika, penerapan komputer, dan kemampuan simulasi dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis, interpretasi, identifikasi solusi alternatif; dan melaksanakan percobaan untuk meningkatkan kinerja sistem pertanian atau mendapatkan solusi dari permasalahan umum di bidang pertanian tropika dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n CPL05<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Mampu menerapkan dasar-dasar teknik untuk merancang mesin, proses, dan model yang berkaitan dengan permasalahan umum di bidang pertanian tropika dan biosistem\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n CPL06<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menguasai analisis sistem dan tekno-ekonomi dan menerapkannya untuk evaluasi kelayakan serta mengelola sistem mekanisasi pertanian, greenhouse, bangunan pertanian, dan pengolahan pangan dan hasil pertanian<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n CPL07<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menguasai pengetahuan dasar komputer dan kemampuan untuk menerapkannya untuk komunikasi berupa gambar, pelaporan, pengolahan, data simulasi, menggambar teknik kontrol, dan sistem informasi<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n CPL08<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Mampu berkomunikasi secara efektif dalam forum ilmiah dan memiliki perhatian terhadap perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang teknik mesin dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n CPL09<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing terutama Bahasa Inggris dan mengerti naskah-naskah yang ditulis dalam Bahasa Inggris<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n CPL10<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Mampu memecahkan persoalan dalam bidang terkait melalui kerja kelompok<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n CPL11<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Mampu belajar seumur hidup secara mandiri dan memiliki karakter inovatif dan wirausaha dalam rangka berpartisipasi dalam perkembangan bidang pertanian dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\u00a0Keterkaitan CPL PS-TPB dengan CPL IABEE<\/strong><\/span><\/p>\n\u00a0Sebagai salah satu prodi yang telah terakreditasi oleh IABEE rumusan capaian pembelajaran lulusan PS-TPB juga sesuai dengan kriteria capaian pembelajaran yang diharapkan\/disyaratkan oleh IABEE sebagaimana ditunjukkan oleh Tabel 2.<\/span><\/p>\nTabel 2<\/b>. Kriteria IABEE terkait rumusan capaian pembelajaran lulusan<\/span><\/p>\n\n\n\n\n Kode<\/b><\/p>\n<\/td>\n | \n Deskripsi<\/b><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n a<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n an ability to apply knowledge of mathematics, natural and\/or materials sciences, information technology and engineering to acquire comprehensive understanding of engineering principles,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n b<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n an ability to design components, systems, and\/or processes to meet desired needs within realistic constraints in such aspects as law, economic, environment, social, politics, health and safety, sustainability as well as to recognize and\/or utilize the potential of local and national resources with global perspective,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n c<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n an ability to design and conduct laboratory and\/or field experiments as well as to analyze and interpret data to strengthen the engineering judgment,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n d<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n an ability to identify, formulate, analyze, and solve complex engineering problems,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n e<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n an ability to apply methods, skills and modern engineering tools necessary for engineering practices,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n f<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n an ability to communicate effectively in oral and written manners,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n g<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n an ability to plan, accomplish, and evaluate tasks under given constraints,<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n h<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n an ability to work in multidisciplinary and multicultural team<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n i<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n an ability to be accountable and responsible to the society and adhere to professional ethics in solving engineering problems, and<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n j<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n an ability to understand the need for life-long learning, including access to the relevant knowledge of contemporary issues<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\nKeterkaitan antara capaian pembelajaran lulusan (CPL) PS-TPB dan IABEE dapat ditunjukkan oleh Tabel 3 berikut<\/span>:<\/b><\/p>\nTabel 3. <\/b>Keterkaitan CPL PS-TPB dan CPL IABEE<\/span><\/p>\n<\/p>\n Keterangan: <\/b>Keterkaitan antar CPL: Kuat (XX); Lemah (X).\u00a0<\/span><\/p>\nKeterkaitan CPL PS-TPB dengan CPL SN Dikti<\/strong><\/p>\nRumusan CPL PS-TPB selanjutnya dirinci kembali menjadi indikator kinerja (IK) dengan merujuk pada SN-Dikti yang mencakup aspek Sikap (S), Pengetahuan (P), Keterampilan Umum (KU) dan Keterampilan Khusus (KK).\u00a0<\/span><\/p>\n\n\n\n\n CPL01:<\/b> Memiliki iman, moral, sikap intelektual, kekuatan dan kesehatan fisik, dan etika sebagai akademisi dan insinyur<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n Kode<\/b><\/p>\n<\/td>\n | \n Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/b><\/p>\n<\/td>\n | \n Bobot<\/b><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK01<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n S01<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK02<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n S02<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK03<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n S03<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK04<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n S04<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK05<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n S05<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK07<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n S07<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK08<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n S08<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n A<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n CPL02:<\/b> Memahami karakter insinyur yang profesional sesuai dengan etika keteknikan (<\/span>engineering ethics<\/span><\/i>) dan norma yang berlaku di masyarakat<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK09<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n S09<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri sesuai etika profesi keinsinyuran<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n B<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n CPL03:<\/b> Menguasai pengetahuan dasar mengenai dasar keteknikan dan mampu menerapkan kemampuan tersebut dalam\u00a0 bidang teknik pertanian tropika dan biosistem\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK12<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n P02<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menguasai Prinsip dan konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles) dan\u00a0 perancangan rekayasa (engineering design) secara mendalam<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n C<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n<\/tbody>\n<\/table>\n\n\n\n\n CPL04:<\/b> Menguasai pengetahuan dasar pertanian dan ilmu terkait, matematika, penerapan komputer, dan kemampuan simulasi dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis, interpretasi, identifikasi solusi alternatif; dan melaksanakan percobaan untuk meningkatkan kinerja sistem pertanian atau mendapatkan solusi dari permasalahan umum di bidang pertanian tropika dan biosistem<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n Kode<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Deskripsi Indikator Kinerja Pendukung<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Bobot<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK11<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n P01<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menguasai Prinsip dan konsep teoritis sains alam (basic sciences) dan matematika untuk aplikasi rekayasa\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK13<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n P03<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Menguasai Prinsip dan konsep teoritis ilmu pertanian dan biologik secara umum<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK16<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n KU01<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Mampu menerapkan prinsip-prinsip matematika dan sains alam, sains rekayasa serta prinsip rekayasa (engineering principles) dalam melakukan aktivitas-aktivitas rekayasa (engineering activities) yang mencakup analisis rekayasa, perancangan dan pemanfaatan perangkat rekayasa<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK17<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n KU02<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Mampu melakukan analisis rekayasa (engineering analysis) untuk mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan masalah rekayasa kompleks\u00a0<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n IK21<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n KU06<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n Mampu melakukan eksperimen, analisis dan interpretasi data serta merumuskan kesimpulan dari hasil riset, perancangan, dan pengembangan<\/span><\/p>\n<\/td>\n | \n D<\/span><\/p>\n<\/td>\n<\/tr>\n\n\n | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |