Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk memiliki pengalaman di luar kampus. Terdapat 8 kanal MBKM diantaranya adalah : (1) Pertukaran Pelajar, (2). Magang atau Praktik Kerja. (3) Asisten mengajar di satuan pendidikan. (4) Penelitian atau Riset. (5) Proyek Kemanusiaan. (6) Kegiatan Wirausaha. (7) Studi atau Proyek Independen. (8) Membangun desa atau Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT).

Kunjungan dipimpin oleh Dr. Edy Hartulistyoso (Ketua Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, IPB) didampingi oleh Dr. Slamet Widodo, Dr. Nanik Purwanti dan Supriyanto. Kepada Balitri (Dr. Tedy Dirhamsyah, SP, MAB) menerima dan menyambut baik rencana kegiatan MBKM 20 SKS melalui magang di Balitri. Kegiatan akan dirancang meliputi topik dari hulu sampai hilir produk-produk Industri. Diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman di dunia Industri.

Salah satu kegiatan yang akan dirancang adalah agroindustri Kopi dan Kakao mulai dari pembibitan sampai ke produk akhir siap jual. Selain itu, mahasiswa dapat juga memiliki pengalaman untuk membuat Biodiesel dari Crude Palm Oil (CPO). Dr. Samsudin (peneliti Balitri) yang ikut mendampingi tim IPB dalam kunjungan ke Fasilitas Balitri memperkenalkan proses Pembibitan Kopi Robusta dengan teknik Stek dari indukan sampai ke produk akhir.

Diharapkan program MBKM ini nantinya akan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam magang. Tema yang diangkat dalam magang ini akan berhubungan dengan Pangan dan Energi. (Redaksi : SPR).