Panduan Pelayanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan
Program Sarjana Teknik Pertanian dan Biosistem secara Online

Sehubungan dengan Edaran Wakil Rektor I Nomor 4997/IT3/PP/2020 mengenai Penyelenggaraan Pendidikan Paruh Kedua Semester Genap 2019/2020 dan Surat Wakil Rektor I Nomor 5161/IT3/PP/2020 mengenai Panduan Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan Tugas Akhir dan Pengajuan SKL secara Online Program Sarjana, maka selama periode paruh waktu kedua semester genap 2019/2020, pengurusan administrasi akademik dan kemahasiswaan dapat dilakukan secara online sebagai berikut.

1.  Pendaftaran Ujian Skripsi secara Online

Mahasiswa yang sudah memenuhi persyaratan untuk melaksanakan ujian skripsi dapat mendaftar pada link http://bit.ly/Ujian_Skripsi_TMB

  • Mahasiswa yang sudah mengisi link tersebut melakukan konfirmasi kepada petugas UPT melalui WA No 0821-8974-8799
  • Berkas yang sudah diupload akan diperiksa kelengkapannya oleh petugas UPT, apabila sudah lengkap dan memenuhi persyaratan selanjutnya akan diproses lebih lanjut, Kadep akan menunjuk tim penguji.
  • Jadwal ujian akan diinformasikan kepada mahasiswa melalui WA.

2.  Sidang Skripsi

UPT AAK Dep. TMB akan menyiapkan fasilitas online meeting untuk sidang ujian skripsi. Link online meeting akan disampaikan kepada mahasiswa dan para penguji melaui WA.

  • Agar ujian berjalan lancar, mahasiswa harus memiliki akses internet yang baik pada saat ujian.
  • Setelah draft skripsi diperbaiki dan disetujui oleh dosen penguji dan dosen pembimbing (yang dibuktikan dengan FORM PERSETUJUAN PENYERAHAN SKRIPSI yang telah ditanda-tangani secara elektronik), mahasiswa mengirimkan DRAFT SKRIPSI (format MS Words) dan FORM PERSETUJUAN PENYERAHAN SKRIPSI (format PDF) kepada Komisi Akademik melalui email : slamet_ae39@apps.ipb.ac.id
  • Komisi Akademik melakukan pengecekan akhir DRAFT SKRIPSI dan
    memberikan catatan perbaikan yang diperlukan (jika ada). Mahasiswa wajib melakukan perbaikan yang diminta tersebut.
  • Setelah draft skripsi dinyatakan lolos pengecekan akhir oleh Komisi
    Akademik, Komisi Akademik akan mengirimkan draft akhir skripsi via email kepada dosen pembimbing untuk pengesahan.
  • Dosen pembimbing selanjutnya mengirimkan draft skripsi dan lembar pengesahan yang sudah ditandatangani (secara elektronik) kepada Ketua Departemen untuk pengesahan.
  • Ketua Departemen mengirimkan skripsi yang telah disahkan/ditandatangani (secara elektronik) kepada Komisi Akademik (cc kepada Dosen Pembimbing
  • Komisi akademik akan meneruskan skripsi yang telah disahkan (PDF) kepada Mahasiswa

3.  Pelayanan Bebas Laboratorium

  • Bagi mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Biosistem maupun departemen lain di lingkungan Fateta  dapat mengisi form pada link http://bit.ly/FRM_BebaslabTMB
    • Form Bebas lab yang sudah ditandatangani oleh pihak berwenang, akan dikirim ke mahasiswa melalui email atau nomor WA yang terdaftar  pada saat pengajuan.

  • Pelayanan persuratan/pengisian Form layanan Departemen
    • Mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Biosistem yang  membutuhkan layanan surat atau form yang dikeluarkan departemen  dapat mengusulkan melalu link http://bit.ly/Layanan_Surat_TMB
    • Form yang sudah ditandatangani pihak berwenang akan dikirim kembali kepada mahasiswa melalui email atau nomor WA yang tercantum pada saat mengusulkan.