Visi, Misi dan Tujuan

VisiĀ 

Menjadi departemen yang bertaraf internasional yang inovatif, unggul dalam riset, dan berkarakter kewirausahaan, khususnya pada bidang rekayasa mesin dan biosistem.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi strata S1, S2 dan S3 yang unggul di bidang teknik mesin dan biosistem yang didukung sarana dan prasarana yang handal serta kurikulum yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang berdayasaing nasional dan internasional, berkarakter kewirausahaan di bidang rekayasa mesin dan biosistem
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan dalam bidang teknik mesin, teknik biosistem, teknik energi terbarukan dan teknik bioinformatika untuk pengembangan ipteks yang bermanfaat bagi masyarakat agraris, bahari dan industri
  3. Melakukan layanan masyarakat yang mengedepankan inovasi ipteks dan berkarakter kewirausahaan dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa dan kelestarian sumberdaya alam
  4. Memperkuat sistem manajemen dan tatakelola departemen yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

 

Tujuan

Sesuai Visi dan Misi Departemen TMB IPB (2014-2018), maka disusun berbagai program yang bertujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sarjana, magister dan doktor yang unggul di bidang teknik mesin dan biosistem, berdayasaing nasional dan internasional, serta berkarakter kewirausahaan.
  2. Menghasilkan ipteks inovatif dan aplikatif yang ramah lingkungan untuk mendukung pencapaian ketahanan pangan, pengembangan agroindustri, kemandirian energi dan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan.
  3. Menjadikan Departemen TMB sebagai trend setter penghasil dan aplikasi inovasi ipteks dengan karakter kewirausahaan dan tetap mempertahankan nilai-nilai dinamis bangsa dan kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan.
  4. Menjadikan sistem manajemen Departemen TMB yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan siap berkompetisi dan bersinergi secara nasional dan global.