Tupoksi Departemen TMB

Ketua Departemen

Tugas Pokok:

Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik di tingkat departemen baik untuk Program Pendidikan Sarjana (Sl), Magister (S2) maupun Doktor (S3), dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh bagian dalam rangka mencapai keunggulan akademik (academic excellence).

Fungsi:

  1. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik yang dilakukan oleh dosen sesuai dengan mandat, dan mayor yang ditawarkan oleh Departemen TMB;
  2. Mengkoordinasikan pelaksanakan kegiatan pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh divisi sesuai dengan mandat Departemen TMB;
  3. Melaksanakan manajemen departemen yang meliputi pembinaan tenaga pendidik (dosen), kegiatan profesi mahasiswa, dan pelaksanaan kerjasama akademik dengan mitra kerja.

Rincian Tugas:

  1. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran tahunan (RKAT) Departemen TMB;
  2. Memeriksa dan mengesahkan beban tugas mengajar, meneliti dan pemberdayaan kepada masyarakat yang dilaksanakan dosen tiap semester;
  3. Memeriksa dan mengesahkan surat penugasan dosen dalam kegiatan kuliah-praktikum, penelitian dan pemberdayaan masyarakat, dosen pembimbing akademik, kepanitiaan dll.;
  4. Memonitor pelaksanaan kegiatan tri-dharma yang dilaksanakan oleh dosen di departemen;
  5. Mengevaluasi hasil pelaksanaan tri-dharma tiap tahun dan menyusun rencana peningkatan mutu;
  6. Melayani dosen dalam pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat;
  7. Mengkoordinasikan program-program pendidikan sarjana dan pascasarjana di departemen;
  8. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan departemen sesuai dengan hasil yang dicapai sebagai pertanggungjawaban kegiatan;
  9. Menjalin kerjasama dengan pihak terkait dalam peningkatan mutu pelaksanaan tugas departemen;
  10. Melakukan seleksi mahasiswa baru (S1, S2 dan S3).
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Sekretaris Departemen

Tugas Pokok:

Membantu Ketua Departemen TMB dalam pelaksanaan kendali mutu dan pengelolaan kegiatan manajemenĀ  departemen, khususnya kesekretariatan, keuangan dan pembinaan SDM tenaga kependidikan departemen serta penanganan kebersihan, ketertiban dan keamanan di lingkungan departemen dalam rangka meningkatkan kinerja dan kelancaran pelaksanaan kegiatan departemen.

Rincian Tugas:

  1. Menyusun konsep RKAT departemen;
  2. Menelaah rancangan SOPs dan mengkoordinasikan penyusunan SOPs bidang kemahasiswaan, kerjasama/penelitian, pelayanan peralatan, pelayanan bengkel, laboratorium lapangan dan administrasi umum dan keuangan;
  3. Bersama Ketua Program Studi S1, S2 dan S3, menyusun rancangan beban tugas mengajar, meneliti dan pemberdayaan masyarakat dari dosen di departemen;
  4. Mengelola keuangan departemen;
  5. Melayani dosen yang melakukan pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat sesuai bidang pengetahuannya untuk kelancaran tugas;
  6. Menyusun konsep laporan pelaksanaan kegiatan departemen berdasarkan data dan informasi sebagai bahan masukan atasan;
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas staf administrasi (akademik, kemahasiswaan, keuangan, SDM), staf umum dan rumah tangga;
  8. Mengarahkan Kepala Tata Usaha Departemen dalam penataan dan pelaksanaan administrasi departemen serta membina tenaga kependidikan di departemen;
  9. Mengarahkan Kepala Tata Usaha Departemen dalam penanganan kebersihan, ketertiban dan keamanan di lingkungan departemen
  10. Mewakili Ketua Departemen pada acara-acara tertentu bila Ketua DepartemenĀ berhalangan.
  11. Melakukan seleksi mahasiswa baru (S1, S2 dan S3).
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

untuk jabatan lainnya dapat dilihat di sini: Tupoksi Departemen TMB