Web
Analytics Made Easy - StatCounter
S1 TEKNIK PERTANIAN DAN BIOSISTEM | Departemen Teknik Mesin & Biosistem Institut Pertanian Bogor

Ayo Pilih Teknik Pertanian dan Biosistem

Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian IPB

Inovasi dan Karya

Dalam Bidang Teknik Pertanian dan Biosistem

Teknik Pertanian dan Biosistem

Menuju Pertanian Modern yang Berkelanjutan

Program Studi Sarjana (S1) Teknik Pertanian dan Biosistem

Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem atau PS TPB (sebelumnya bernama Teknik Mesin dan Biosistem) merupakan salah satu program sarjana (S1) di bawah fakultas Teknologi Pertanian IPB. Sebagai pelopor pendidikan tinggi di bidangnya. PS TPB telah menjadi salah satu yang terdepan dalam pengembangan dan penerapan prinsip-prinsip keteknikan (engineering) untuk mewujudkan system pertanian dan biosystem yang efisien, optimal dan berkelanjutan di Indonesia.

Sesuai visinya untuk menjadi program studi yang mampu menyelenggarakan pendidikan bermutu untuk menghasilkan lulusan yang berdayasaing global di bidang Teknik Pertanian dan Biosistem. PS TPB senantiasa berkomitmen memberikan yang terbaik kepada mahasiswaanya baik dalam hal akademik maupun non akademik.

Mandat Program Studi

Mengembangkan Ilmu Keteknikan dan Penerapannya untuk Model, Mesin dan Proses yang Berkaitan dengan Sistem Biologik yang Berkelanjutan dalam Bidang Pertanian dan Pangan

Keunggulan PS TPB telah diakui baik di level nasional maupun internasional. Selain akreditasi nasional dari BAN PT, sejak 2015 PS TPB tercatat sebagai program studi pertama di luar Jepang yang mendapatkan akreditasi internasional dari JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education). Dengan berbagai keunggulannya, PS TPB menjadi pilihan terbaik bagi anda yang mengembangkan diri menjadi sosok yang kompeten dan berkontribusi bagi kemajuan pertanian dan biosistem di Indonesia.

PS TPB memiliki sebanyak 36 Dosen dengan proporsi 30 orang bergelar doktor dan 7 diantaranya adalah professor. Berasal dari lulusan perguruan tinggi ternama baik di dalam maupun luar negeri seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Belanda, Jerman, Thailand dan Taiwan). Kegiatan tridharma perguruan tinggi juga ditunjang oleh 30 tenaga kependidikan (laboran, teknisi, administrasi dan tata usaha).

Untuk mewadahi pengembangan keilmuan dan mendukung pengembangan minat mahasiswa, PS TPB memiliki 4 (empat) divisi keilmuan yaitu ;

Teknik Mesin dan Otomasi
Teknik Biosistem
Teknik Energi Terbarukan
Teknik Bioinformatika

Fasilitas Pendukung

Untuk menunjang kegiatan akademik dan penelitian, Departemen TMB/Prodi TPB memiliki 15 laboratorium yaitu : Lab. Motor Bakar dan Penggerak Mula; Lab. Manufaktur; Lab. Mekatronika dan Robotika; Lab. Pindah Panas dan Massa; Lab. Design dan CAD; Lab. Instrumentasi dan Kontrol; Lab. Kekuatan Bahan; Lab. Mekanika Fluida; Lab. Fisika dan Mekanika Tanah; Lab. Energi Terbarukan; Lab. Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian; Lab. Teknik Pengendalian Lingkungan Produksi; Lab. Sistem Informatika dan Komputasi; Lab. Ergonomika; Lab. Multimedia dan Video Interaktif. Terdapat pula “experimental  field station” yang merupakan laboratorium lapangan untuk bidang mekanisasi pertanian, Teknik pengolahan hasil pertanian serta energi terbarukan.

Profil Lulusan

Lulusan PS TPB dirancang untuk memiliki sikap dan etos yang baik, mampu mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan permasalahan Teknik yang meliputi ; desain, konstruksi, aplikasi dan manajemen alat/mesin pertanian, struktur/bangunan pertanian, pengolahan produk pertanian dan pangan, energi terbarukan. sistem dan manajemen mekanisasi pertanian. Selain itu, lulusan PS TPB juga memiliki sikap kepedulian sosial, professional, karakter kewirausahaan (entrepreneurship), memiliki motivasi yang tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu berkomunikasi efektif, mampu bekerjasama dan patuh terhadap etika keteknikan (engineering ethics).

Peluang Karir

Alumni PS TPB bekerja di berbagai bidang dengan jabatan diantaranya sebagai berikut :

  • Manager atau supervisor produksi di perusahaan alat/mesin pertanian, pabrik pengolahan hasil pertanian dan pangan. Desainer alat/mesin pertanian, system produksi/pengolahan hasil pertanian dan bangunan pertanian.
  • Manager pada perusahaan perkebunan dan pembukaan dan penyiapan lahan untuk pertanian dan transmigrasi.
  • System analyst atau programmer di perusahaan IT.
  • Tenaga perencana jaringan irigasi dan drainase.
  • Wirausahawan dalam bidang industri pengolahan hasil pertanian dan pangan, usaha tani dan lainnya.
  • Project evaluator di bank dan biro konsultasi.
  • Staf eksekutif di Departemen dan Badan pemerintah
  • Peneliti di berbagai lembaga penelitian serta tenaga pengajar di berbagai perguruan tinggi atau pusat Pendidikan dan pelatihan.

Kegiatan kemahasiswaan

Kegiatan kemahasiswaan di PS TPB dihimpun dalam wadah Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang bernama Himateta (Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian) Institut Pertanian Bogor. Himateta merupakan sebuah organisasi mahasiswa keprofesian yang bergerak dalam bidang keilmuan Keteknikan Pertanian dan Biosistem, yang meliputi: Teknik Mesin dan Otomasi, Teknik Biosistem, Teknik Energi Terbarukan dan Teknik Bioinformatika Pertanian. Himateta mempunyai tujuan untuk meningkatkan keprofesian dan profesionalisme serta meningkatkan sinergisitas antar mahasiswa teknik pertanian dan biosistem di indonesia.

Download Brosur Prodi TPB

Informasi dan Profil ringkas mengenai Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem
Klik Disini

Download Poster Prodi TPB

Informasi umum dan kilasan Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem
Klik Disini

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut

Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB). Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) Institut Pertanian Bogor. Kampus IPB Darmaga, Jl. Lingkar Akademik, Jawa Barat 16680, Indonesia

Telp./faksimili : (0251) 8623026 | email : tmb@apps.ipb.ac.id | website : tmb.ipb.ac.id | copyright TMB2018

@tpb_ipb

Halaman Utama

Informasi dan Berita umum mengenai kegiatan dan aktivitas Departemen Teknik Mesin dan Biosistem pada menu Home

Klik Disini