Profil Program Studi S3 TEP

Selayang Pandang

Program pascasarjana di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (dahulu Departemen Teknik Pertanian) dimulai dengan Program Magister Ilmu Keteknikan Pertanian (TEP) pada tahun 1978 dengan dukungan dari proyek NUFFIC THE/LWH-1. Selanjutnya pada tahun 1980 dibuka program Doktor. Program Magister dan Doktor ini berkembang pesat setelah memperoleh hibah melalui JICA-DGHE/IPB Project (ADAET). Secara resmi program pascasarjana ini dikukuhkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan SK No. 584/DIKTI/KEP/1993 pada tanggal 2 Oktober 1993. Pada tahun 2003, dibuka program Doktor Jalur Riset.

 

Status Akreditasi

Program Studi S3 Ilmu Keteknikan Pertanian memperoleh akreditasi “A” dari BAN-PT.

 

Visi

Menjadi salah satu program studi strata S-3 unggulan nasional bertaraf internasional yang bertumpu pada kaidah keteknikan dalam inovasi dan diseminasi ipteks untuk menopang industri pertanian modern yang tangguh dan ramah lingkungan.

 

Misi

Menyelenggarakan pendidikan pasca sarjana Ilmu Keteknikan Pertanian strata S-3 guna  menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas keilmuan keteknikan pertanian dan produktivitas pertanian dengan berlandaskan pada kegiatan penelitian, inovasi ipteks, pemberdayaan masyarakat, serta diperkaya dengan jejaring kerjasama dengan berbagai institusi yang kompeten baik di dalam maupun di luar negeri.

 

Tujuan Program Studi

Menghasilkan lulusan Doktor dalam bidang Ilmu Keteknikan Pertanian yang memiliki kemampuan mengembangkan konsep baru ilmu keteknikan dalam bidang pertanian, pangan, energi dan lingkungan, serta mampu mengelola penelitian, dan melakukan pendekatan interdisipliner dalam berkarya.