Profil Program Studi S2 TPP

Selayang Pandang

Program pascasarjana di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (dahulu Departemen Teknik Pertanian) dimulai dengan Program Magister Ilmu Keteknikan Pertanian (TEP) pada tahun 1978 dengan dukungan dari proyek NUFFIC THE/LWH-1. Selanjutnya pada tahun 1980 dibuka program Doktor. Program Magister dan Doktor ini berkembang pesat setelah memperoleh hibah melalui JICA-DGHE/IPB Project (ADAET). Secara resmi program pascasarjana ini dikukuhkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan SK No. 584/DIKTI/KEP/1993 pada tanggal 2 Oktober 1993.

 

Status Akreditasi

Program Studi S2 Teknologi Pascapanen memperoleh akreditasi “A” dari BAN-PT dan saat ini Prodi S2 TPP sedang dalam proses pengajuan re-akreditasi.

 

Visi

Mengembangkan iptek dan seni dalam bidang teknologi pascapanen untuk mendukung sistem pertanian tropika berbasis industri pada tatanan ekonomi era global.

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, inovasi dan aplikasi teknologi pascapanen dalam pengembangan agribisnis dan agroindustri secara efektif, ekonomis dan berkelanjutan.
  2. Melakukan pengkajian dan pengalihan ilmu dan teknologi bidang pascapanen agar dapat dimanfaatkan secara tepat guna oleh masyarakat.

 

Tujuan Pendidikan

Mayor Teknologi Pascapanen merupakan program studi yang dirancang untuk menghasilkan lulusan magister yang memiliki kompetensi keahlian akademik yang mandiri, kreatif, dinamik, motivatif, tanggapan serta menguasai teknologi pascapanen produk hasil pertanian secara luas.

 

Admisi

Untuk informasi lengkap mengenai pendaftaran penerimaan mahasiswa baru dapat dilihat di url berikut: http://pmbpasca.ipb.ac.id/