Profil Program Studi S2 TMP

Selayang Pandang

Program pascasarjana di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (dahulu Departemen Teknik Pertanian) dimulai dengan Program Magister Ilmu Keteknikan Pertanian (TEP) pada tahun 1978 dengan dukungan dari proyek NUFFIC THE/LWH-1. Selanjutnya pada tahun 1980 dibuka program Doktor. Program Magister dan Doktor ini berkembang pesat setelah memperoleh hibah melalui JICA-DGHE/IPB Project (ADAET). Secara resmi program pascasarjana ini dikukuhkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan SK No. 584/DIKTI/KEP/1993 pada tanggal 2 Oktober 1993. Pada tahun 2007 Magister Ilmu Keteknikan Pertanian (TEP) berubah nama menjadi Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (TMP).

 

Status Akreditasi

Program Studi S2 Teknik Mesin Pertanian dan Pangan memperoleh akreditasi “A” dari BAN-PT dan saat ini Prodi S2 TMP sedang dalam proses pengajuan re-akreditasi.

 

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam pembelajaran, inovasi dan solusi bidang teknik mesin pertanian dan pangan untuk mendukung pembangunan pertanian dan industri yang tangguh dan berkelanjutan.

 

Misi

Menyelenggarakan kegiatan tridharma guna menghasilkan:

  1. Sumberdaya manusia yang mempunyai kualifikasi S-2 dengan kompetensi utama teknik mesin pertanian dan pangan
  2. Inovasi ipteks yang mampu memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas dan produktivitas.

 

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan teknik dalam bidang pertanian, pangan, energi dan lingkungan dengan menggunakan kaidah keteknikan untuk menemukan solusi yang efektif dan inovatif baik dalam bentuk teori, model, desain, prototipe alat dan mesin pertanian maupun sistem dan perencanaan produksi.

Admisi

Untuk informasi lengkap mengenai pendaftaran penerimaan mahasiswa baru dapat dilihat di url berikut: http://pmbpasca.ipb.ac.id/