Learning Outcomes PS S2 TPP

Capaian Pembelajaran/Learning Outcomes

Program Studi Teknologi Pascapanen (PS TPP)

Strata Magister sesuai KKNI Level 8

 

Kompetensi Lulusan :

Setelah menyelesaikan program studi ini lulusan Program Studi Teknologi Pascapanen Strata Magister mampu menguasai teknologi pascapanen, metodologi penelitian dan analisis numerik dan deskriptif agar dapat berperan sebagai tenaga professional, peneliti dan pengembang IPTEKS dalam bidang teknologi pascapanen yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

Sandingan rumusan kompetensi program studi Magister Teknologi Pascapanen, Departemen Teknik Mesin dan Biosistem – Institut Pertanian Bogor.

Aspek Kompetensi Dalam KKNI Kompetensi S2 Teknologi Pascapanen (Level 8)
Aspek lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai Mampu  menyelesaikan permasalahan pada bidang  penanganan pasca panen melalui identifikasi metode dan teknologi yang layak secara teknis, ekonomis dan sosial dengan pendekatan inter atau multidisipiner yang bertumpu pada penanganan pascapanen yang baik dan benar.
Aspek kemampuan di bidang kerja Mampu mengembangkan pengetahuan dan atau teknologi dalam bidang penanganan pasca panen untuk menghasilkan karya inovatif, teruji dan bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka mempertahankan mutu, menekan susut dan meningkatkan daya saing produk hasil pertanian secara luas.
Aspek kemampuan manajerial Mampu mengelola kegiatan penelitian terapan dan pengembangan, serta mampu melakukan alih teknologi serta diseminasi hasilnya di tingkat nasional dan internasional.

 

 

 

 

Learning Outcomes :

  1. Mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis permasalahan, khususnya bidang pascapanen secara terpadu dengan cara pendekatan dan metode ilmiah, (LO-1)
  2. Mengembangkan IPTEKS melalui aktivitas penelitian bidang teknologi pascapanen hingga menghasilkan karya inovatif, teruji dan bermanfaat bagi masyarakat, (LO-2)
  3. Merumuskan penyelesaian masalah penanganan pasca panen melalui identifikasi metode dan teknologi yang layak secara teknis, ekonomis dan sosial dengan pendekatan inter atau multidisipiner, (LO-3)
  4. Mengelola kegiatan penelitian dan melakukan alih teknologi serta diseminasi hasilnya di tingkat nasional dan internasional, (LO-4)
  5. Bersikap dan berperilaku professional, mandiri, kreatif, inovatif dan motivatif dalam berkarya dan berkarir untuk pengembangan keilmuan secara komprehensif sesuai dengan etika keilmuan dan kehidupan masyarakat, (LO-5)
  6. Berkomunikasi ilmiah secara efektif, baik secara tertulis maupun lisan pada berbagai media dan kegiatan ilmiah, serta tanggap terhadap perkembangan IPTEKS, khususnya bidang teknologi pascapanen.(LO-6)

 

 

Matrik Learning Outcomes dan Matakuliah

 

LEARNING OUTCOMES MATA KULIAH
PPS 500 STK511 PTN 501 TMB 531 TMB 521 TMB 522 TMB 591 TMB 623 ITP 645 TMB 601 PPS 690 PPS 699 TMB 603 TMB 624 TMB 625 TMB 626 TMB 627
Mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis permasalahan, khususnya bidang pascapanen secara terpadu dengan cara pendekatan dan metode ilmiah   Ö Ö Ö Ö Ö Ö Ö Ö     Ö Ö Ö Ö Ö Ö
Mengembangkan IPTEKS melalui aktivitas penelitian bidang teknologi pascapanen hingga menghasilkan karya inovatif, teruji dan bermanfaat bagi masyarakat   Ö Ö Ö Ö Ö Ö   Ö   Ö Ö Ö Ö Ö Ö Ö
Merumuskan penyelesaian masalah penanganan pasca panen melalui identifikasi metode dan teknologi yang layak secara teknis, ekonomis dan sosial dengan pendekatan inter atau multidisipiner     Ö Ö Ö Ö Ö Ö Ö     Ö Ö Ö Ö Ö Ö
Mengelola kegiatan penelitian dan melakukan alih teknologi serta diseminasi hasilnya di tingkat nasional dan internasional Ö Ö         Ö     Ö Ö Ö          
Bersikap dan berperilaku professional, mandiri, kreatif, inovatif dan motivatif dalam berkarya dan berkarir untuk pengembangan keilmuan secara komprehensif sesuai dengan etika keilmuan dan kehidupan masyarakat Ö                 Ö Ö Ö          
Berkomunikasi ilmiah secara efektif, baik secara tertulis maupun lisan pada berbagai media dan kegiatan ilmiah, serta tanggap terhadap perkembangan IPTEKS, khususnya bidang teknologi pascapanen. Ö                 Ö Ö Ö          

 

 

 

 

Keterangan

Kode Mata Kuliah
PPS 500 Bahasa Inggris
STK 511 Analisis Statistika
PTN 501 Hama dan Penyakit dalam Pascapanen
TMB 531 Manajemen Pascapanen
TMB 521 Teknologi Penanganan Pascapanen Tanaman Pangan
TMB 522 Teknologi Penanganan Pascapanen Hortikultura
TMB 591 Metodologi Penelitian Pascapanen
TMB 623 Teknologi Karantina Hasil Pertanian
ITP 645 Fisiologi Pascapanen
TMB 601 Kolokium
PPS 690 Seminar
PPS 699 Penelitian dan Tesis
TMB 603 Evaluasi Nondestruktif Bahan Pertanian
TMB 624 Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan
TMB 625 Teknik Pengolahan Hasil Perikanan
TMB 626 Teknik Pengolahan Limbah Pertanian
TMB 627 Teknik Pengolahan Hasil Pertanian lanjut