IPB EDC Himateta
Department of Mechanical and Biosystem Engineering is in process to JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education) accreditation system. Related data and documents will be prepared and uploaded soon

Sejarah

Departemen Teknik Mesin dan Biosistem dahulu bernama Teknik Pertanian (TEP) adalah salah satu dari empat departemen pada Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) IPB. Departemen TMB beralamat di Kampus IPB Darmaga, Bogor, P.O. Box 220, Bogor 16002, No. Telp. (0251) 8623026.  Alamat e-mail: tmb@ipb.ac.id, alamat website: http://tmb.ipb.ac.id, dan akun twitter: @tmb_ipb.

Dalam sejarahnya, sejak tahun 1960 Mekanisasi Pertanian merupakan salah satu bagian dari Departemen Agronomi Fakultas Pertanian, Universitas Indonesia (UI). Pada waktu Institut Pertanian Bogor (IPB) berdiri tahun 1963, pemerintah juga menyadari pentingnya pendidikan tinggi di bidang teknologi dan mekanisasi pertanian. Pada tahun yang sama, Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) meminta IPB untuk menghimpun semua fasilitas yang ada di IPB untuk dapat mendirikan suatu fakultas di bidang tersebut. Akhirnya pada tanggal 3 Oktober 1964 didirikan Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang disingkat FATEMETA dengan dua jurusan studi, yaitu Jurusan Teknologi Hasil Pertanian dan Jurusan Mekanisasi Pertanian. Jurusan Mekanisasi Pertanian terdiri dari dua departemen, yaitu: 1) Departemen Mesin-mesin Pertanian dan 2) Departemen Konstruksi.

Pada tahun 1968, departemen-departemen di FATEMETA dikelompokkan menjadi dua departemen sesuai dengan jurusan studi yang ada, yaitu Departemen Teknologi Hasil Pertanian dan Departemen Mekanisasi Pertanian. Bagian-bagian yang ada di Departemen Mekanisasi Pertanian diubah menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Bagian Mesin-mesin Budidaya Pertanian,
  2. Bagian Teknik Tanah dan Air, dan
  3. Bagian Elektrifikasi / Bangunan / Mesin-mesin Pengolahan Pertanian.

Sejak tahun 1981 Departemen Mekanisasi Pertanian berubah nama menjadi Jurusan Keteknikan Pertanian, dan pada tahun 2000 berubah menjadi Jurusan Teknik Pertanian. Untuk pengembangan kelimuan itu, ada tujuh bagian di Departemen TEP yaitu:

  1. Bagian Teknik Mesin Budidaya Pertanian,
  2. Bagian Teknik Tanah dan Air,
  3. Bagian Sistem dan Manajemen Mekanisasi Pertanian,
  4. Bagian Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian,
  5. Bagian Energi dan Elektrifikasi Pertanian,
  6. Bagian Lingkungan dan Bagian Pertanian, dan
  7. Bagian Ergonomika dan Elektronika Pertanian.

Sejalan dengan sistem departemen base yang di jalankan oleh IPB, maka sejak tahun 2003 jurusan teknik pertanian berubah menjadi Departemen Teknik Pertanian. Mandat dari departemen TEP adalah “Mengembangkan ilmu keteknikan dan menerapkanya dalam bidang pertanian”. Dengan berbagai pertimbangan, terutama mengenai perkembangan bidang ilmu dan minat masyarakat, maka pada tahun 2010, berdasarkan SK Rektor, Departemen Teknik Pertanian berubah nama menjadi Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB). Perubahan juga terjadi pada bagian-bagian di dalam departemen, terdapat empat bagian baru yaitu:

  1. Teknik Mesin dan Otomasi (TMO)
  2. Teknik Biosistem (TBS)
  3. Teknik Energi Terbarukan (TET)
  4. Teknik Bioinformatika (TBI).