Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Lulusan Tercepat Fakultas Teknologi Pertanian | Departemen Teknik Mesin & Biosistem Institut Pertanian Bogor

Sulisna Cahya Lestari (NIM F14140053) telah dinyatakan lulus dalam Ujian Sarjana pada hari Senin tanggal 26 Maret 2018. Mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Biosistem ini telah berhasil menyelesaikan penelitian tugas akhirnya dengan judul Desain Sistem Penggandengan Trailer Tipe Pivot untuk Traktor Roda Dua, yang dibimbing oleh Dr. Ir. Wawan Hermawan, MS. Sebagai penguji luar adalah Dr. Ir. Radite Praeko Agus Setiawan, MAgr. dan Dr. Ir. I Wayan Astika, MS. Gadis kelahiran Kota Bogor tanggal 5 September 1996 ini menjadi lulusan pertama untuk angkatan 51 di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, dan juga lulusan pertama untuk Fakultas Teknologi Pertanian. Bila dihitung sejak mulai kuliah di IPB pada awal semester ganjil tahun 2014 , maka masa studinya diperkirakan 3 tahun 7 bulan. Semangat, ketekunan dan keuletan menjadi pendorong percepatan penyelesaian tugas akhirnya, yang telah dimulai sejak semester tujuh tahun lalu. Tentu saja dukungan dan do’a dari kedua orang tuanya yaitu Bapak Sutisna dan Ibu Indarti, memperlancar penyelesaian studinya di Program Studi Teknik Mesin dan Biosistem ini.

Hasil dari penelitian tugas akhirnya adalah berupa prototipe sistem penggandengan traktor roda dua dan trailer yang menggunakan sistem pivot dilengkapi roda bantu berbegas. Dengan model baru ini, pada saat membelok tempat duduk operator mengikuti arah gerakan dari traktor tangan, yang pada model konvensional operator harus sulit menjangkau stang kemudi dan bahkan harus turun saat membelok. Dalam merancang sistem penggandengan yang baru ini, Sulisna menggunakan metode pengambilan keputusan untuk memilih konsep desain terbaik, menggunakan analisis kinematika dan dinamika untuk menguji kesetimbangan sistem, menggunakan perangkat lunak Solid Works untuk penggambaran model dan juga analisis kekuatan struktur sistem penggandengannya. Protipe sistem penggandengan ini telah diuji dan terbukti meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengoperasian penggandengan trailer untuk transportasi di jalan maupun di lahan, dalam kondisi membelok, melintas gundukukan maupun lintasan berlubang.

Sulis, demikian panggilan akrabnya, adalah lulusan SMA Negeri 4 Bogor  dan diterima di Institut Pertanian Bogor melalui jalur SNMPTN Undangan. Selama perkuliahan, dia aktif dalam kepanitiaan dan organisasi seperti menjadi ketua pelaksana RAT Koperasi Mahasiswa IPB tahun 2014, divisi kominfo di Koperasi Mahasiswa IPB (2014-2016), dan koordinator perempuan di Rohis Derpartemen TMB (2017-2018).  Dalam bidang desain, tidak diragukan lagi kemampuannya. Pengalamannya cukup banyak, antara lain sebagai anggota di Electro-Robotic Club (ERC) (2016-2018), divisi edukasi dan bendahara di Engineering Design Club (EDC) (2016-2018), sebagai mentor pada kegiatan Pelatihan Autocad (2016-2017),  dan asisten praktikum mata kuliah Gambar Teknik tahun 2017-2018.       Selama perkuliahan, dia juga mengikuti kegiatan lomba-lomba di tingkat nasional dan internasional seperti penerima hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2016, dan menjadi delegasi pada International Student Conference on Environment and Sustainability (ISCES) tahun 2017 di Sanghai, China. Semoga prestasi yang membanggakan ini menjadi motivasi untuk mahasiswa lainnya, yang sedang menuntaskan studi di IPB (WHW).