Penelitian Limbah Pelepah Sawit Dimanfaatkan untuk Mulsa dan Kompos antarkan Dr. Ramayanti Bulan menjadi doktor baru S3 TEP

Limbah Pelepah Sawit Dimanfaatkan untuk Mulsa dan Kompos

website-ramayanty bulan2bulan-2

Program Studi S3 Imu Keteknikan Pertanian (PS S3 TEP) Institut Pertanian Bogor menghasilkan doktor baru yang ke-95 yaitu Sdr. Ramayanti Bulan pada hari Senin tanggal 25 Juli 2016.  Dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala ini berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Pengembangan Sistem Mekanisasi Pemanfaatan Pelepah Kelapa Sawit untuk Mulsa dan Kompos, dalam Sidang Promosi Program Doktor yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian IPB mewakili Rektor IPB. Sebagai komisi pembimbingnya adalah 1) Prof. Dr. Tineke Mandang, MS (ketua), 2) Dr. Wawan Hermawan, MS, dan 3) Dr. Desrial, M.Eng. Bertindak sebagai penguji luar komisi dalam sidang promosi ini adalah 1) Prof. Dr. Bambang Pramudya, M.Eng (guru besar Departemen Teknik Mesin dan Biosistem), dan 2) Dr. Agus Sabti, MSi (Dekan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala).

Penelitiannya yang telah dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir ini, antara lain menghasilkan: 1) sistem pengelolaan limbah pelepah sawit menjadi mulsa dan kompos, 2) desain mesin terintegrasi yang mampu memipihkan pelepah, menggunting daun, dan mencacah daun sawit sekali gus dalam satu proses, dan 3) model produksi kompos dari limbah pelapah sawit secara mekanis yang layak secara finansial. Dengan sistem mekanisasi ini, kompos yang dihasilkan dapat mensubstitusi penggunaan pupuk kimia yang pada gilirannya akan memperbaiki struktur tanah, kemudian pengelolaannya dapat memberikan peluang kesempatan kerja, dan mengembangkan industri alat/mesin lokal. Sebagian dari hasil penelitiannya telah berhasil dipublikasikan pada jurnal ilmiah internasional yaitu International Journal of Scientific & Engineering Research Vol 6. Issue 2 tahun2015, dan jurnal nasional terakreditasi yaitu Jurnal Keteknikan Pertanian (JTEP) Vol. 4 No. 2 tahun 2016. Selamat kepada Sdr. Ramayanti Bulan dan Komisi Pembimbingnya yang telah berhasil memperkaya ilmu keteknikan pertanian, dan menghasilkan teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat.

Leave a reply

Your email address will not be published.