Himateta TMB adakan Mechanical and Biosystem Fair – 2016

mbf

Mechanical and Biosystem Fair (MBF) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem IPB. Acara besar yang dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan teknologi pertanian kepada khalayak ramai. Empat bidang kajian ilmu Teknik Mesin dan Biosistem yaitu Teknik Mesin dan Otomasi, Teknik Biosistem, Teknik Bioinformatika, dan Teknik Energi Terbarukan dijadikan landasan untuk acara MBF ini.

Terdiri dari empat bagian yaitu Mechition, Agrivolution, Seminar Nasional, dan Mechanical and Biosystem EXPO. Acara yang akan dilaksanakan di Kampus Institut Pertanian Bogor di Dramaga ini ditujukan untuk pelajar SMA/sederajat dan Mahasiswa Indonesia. Mengangkat tema umum “Penerapan Teknik Pertanian Tepat Guna Menuju Pertanian yang Berkelanjutan” dengan harapan dapat memicu dan menjadi wadah civitas pendidikan Indonesia untuk berinovasi dan mengembangkan pertanian khususnya penerapan teknik di bidang pertanian untuk pertanian Indonesia yang lebih baik.

Rangkaian Acara MBF terdiri dari :

Seminar

Seminar nasional bertema “Peran Strategis Teknologi Biosistem dalam Meningkatkan Produktivitas Pertanian di Indonesia” akan mengupas tuntas perihal cara dan integrasi para pakar ilmiah dengan kebijakan pemerintah di bidang pertanian. Bahasan hangat mengenai perkembangan dan penerapan teknologi biosistem di Indonesia dan peran strategis pemerintah sebagai pembuat kebijakan akan memacu kita untuk lebih memperhatikan dan ikut serta mengembangkan teknologi pertanian untuk kemajuan pertanian Indonesia.

Kompetisi

Kompetisi merupakan salah satu dari tiga rangkaian acara MBF. Ajang perlombaan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (Himateta) IPB untuk siswa/i SMA/sederajat dan mahasiswa/i seluruh Indonesia Bertujuan mengedukasi dan memperkenalkan Teknik Mesin dan Biosistem beserta empat kajian ilmu (Teknik Mesin dan Otomasi, Teknik Biosistem, Teknik Bioinformatika, dan Teknik Energi Terbarukan) melewati penambahan wawasan dan minat pada keteknikan pertanian.

Terdiri dari dua perlombaan besar yaitu MECHITION dan AGRIVOLUTION. LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) dan LDKB (Lomba Desain Kantung Belanja) Ramah Lingkungan termasuk dalam MECHITION yang ditujukan untuk siswa/i SMA/sederajat.

AGRIVOLUTION adalah kompetisi baru di MBF yang diperuntukan untuk mahasiswa/i diploma/S1 seluruh Indonesia. bertujuan untuk melibatkan mahasiswa secara langsung kedalam permasalahan pertanian di Indonesia dengan aktif mengembangkan inovasi pertanian yang solutif dan revolusioner.

Dilaksanakan pada hari pertama Mechanical and Biosystem Fair 2016, Sabtu, 17 September 2016 bertempat di kelas Common Class Room (CCR) IPB. Dosen Departemen Teknik Mesin dan Biosistem dengan bidang keahlian terkait akan menjadi juri dalam ajang perlombaan ini.

Expo

Sebuah pameran inovasi teknologi pertanian terkini yang akan menunjukan perkembangan nyata dari proses modernisasi pertanian Indonesia. Menjadi bagian dalam rangkaian Agrisymphony 2016 dengan tema Harmoni Karya IPB, jajaran hasil karya mahasiswa maupun dosen IPB yang tidak terbatas pada bidang riset, namun juga bidang seni, entrepreneurship, dan yang lainnya.
Mechanical and Biosystem Expo sendiri akan memamerkan hasil karya civitas Fakultas Teknologi Pertanian dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, Ilmu dan Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, dan Teknik Sipil dan Lingkungan. Pandangan akan penerapan modernisasi pertanian Indonesia akan membuka wawasan dan menambah kesadaran kita akan pentingnya pertanian dan perlunya modernisasi guna pengembangan ke arah yang lebih baik.

Menjadi bagian dalam Expo Agrisyphony 2016, Mechanical and Biosystem Expo akan berlangsung selama dua hari 17-18 September 2016 di sepanjang jalan antara Graha Widya Wisuda IPB hingga Gedung Rektorat IPB.

Info lebih lanjut klik disini : https://mbfipb.com

Leave a reply

Your email address will not be published.