Diang Sagita dan Reggy ikuti International Conference ‘IRET-16’ di Thailand

bangkok

Diang Sagita (TMB 49), Reggy Apriyansyah W (TMB 49) dan Nurul Amri (GFM 49) mengikuti kegiatanIRET-16′ Innovative research in Engineering education di Thailand. Kegiatan dilaksanakan pada 21-22 Januari 2016 di Bangkok, Thailand. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggaranakan Oleh International Association of Engineering and Technology researcher¬†(IAETR – http://iaetr.org).

Dua (2) mahasiswa TMB mempresentasikan presentasinya di depan peserta internasional. Diang Sagita mempresentasikan hasil kegiatan PKM “Inovasi Pendingin Ikan Bertenaga Angin untuk kapal nelayan”. PKM ini dibiayai DIKTI 2 tahun yang lalu yang dibimbing oleh Dr. Radite Praeko Agus Setiawan, M.Agr. Karya ini dilaksanakan bersama dengan Andriyana dan M munajat.

Diang menuturkan bahwa pengalaman pertama ke Luar Negeri begitu berkesan. Seuatu yang hanya sekedar keinginan dan impian akhirnya menjadi kenyataan. Banyak pengalaman yang diperoleh mengingat perbedaan kultur, budaya dan banyak hal-hal baru yang diperoleh terutama untuk survive di negerasa asing. Diang menuturkan kalau ketagihan untuk ikut dalam kegiatan seperti ini. Diangpun merupakan calon peserta kompetisi AUCFA di Thailand pada Februari 2016 ini.

Tips bagi adik kelas yang tertarik keluar negeri menurut diang : jangan takut mencoba memasukkan paper dari karya atau pemikiran kita, istilahnya PD saja dulu. Yang paling penting juga coba cari pendanaan dari institusi kita, pelajari prosedur yang berlaku dan jangan ragu untuk memakai uang sendiri apabila kekurangan dana. Pengalaman lebih berharga dari sekedar uang.

Setelah ikut kegiatan tersebut, Diang dan Reggy menjadi tertantang untuk ikut lagi event internasional, “tapi yg berikutnya mungkin harus mencari yang fully funded” tutur Diang sambil tersenyum saat diwawancara via Facebook. Diang juga punya keinginan untuk studi di luar, khususnya sih di jepang yg notabene kualitas pendidikannya bagus. Yg terpenting sekarang adalah mengasah terus kemampuan bahasa inggris, karena itu salah satu gerbang dunia..

Leave a reply

Your email address will not be published.