Dr. Desrial : Dosen Berprestasi IPB dan Finalis Nasional 2015

desrial

Dr. Ir. Desrial, M.Eng yang lahir di pematang Siantar 01 Desember 1966 memulai karirnya sebagai dosen pada tahun 1991 di Jurusan Teknik Pertanian. Pria yang merupakan Doktor lulusan Jepang ini  menjabat ketua Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB. Selama dua periode sejak 2008-sekarang. Sejak mengabdi menekuni bidang Alat dan Mesin Pertanian.

Salah satu karya besutan beliau yang cukup terkenal adalah Crawler Transporter Tandan Buah Segar (TBS) atau yang diberi nama CT IPB. Bongkar muatan mesin ini menggunakan sistem hidrolik, praktis dan meningkatkan kinerja. Trek dari besi baja dengan ground pressure rendah, bertraksi besar dan cocok di segala medan, khususnya di tanah gambut dan mampu mengangkut sampai 650 kg. Kemudi mesin menggunakan sistem tongkat (mudah dikendalikan dan stabil) serta menggunakan sistem transmisi dengan kopling (perpindahan gigi tanpa hentakan) dan mampu melaju dengan kecepatan 1,5 – 5 km/jam.

Prestasi sebagai dosen dan peneliti inilah yang membawa Dr Desrial masuk sebagai dosen berprestasi tingkat IPB dan saat ini menjadi finalis dosen berprestasi pada tingkat nasional. Sebelumnya, Dr Desrial juga menyabet penghargaan sebagai Ketua Departemen (Program Studi) berprestasi tingkat nasional. Selamat dan sukses Dr. Desrial, semoga dapat mencapai anugerah tertinggi pada ajang Dosen Berprestasi nasional 2015. Semoga bisa menginspirasi banyak orang sebagai dosen dan peneliti serta memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

Leave a reply

Your email address will not be published.